Selasa, 04 Mei 2010

kelulusan UN 2010

Wagub Prijanto Prihatin Penurunan Angka Kelulusan UN SMA di Jakarta
Rabu, 28 April 2010 19:05 WIB
JAKARTA--MI: Penurunan angka kelulusan hingga tujuh persen dibandingkan dengan tahun 2009 lalu tak urung membuat Wakil Gubernur DKI Prijanto merasa prihatin terutama karena angka kelulusan siswa SMA dan sederajat di DKI di bawah Jawa Timur dan Jawa Barat.

"Kalau disebut malu ya malu kalau ini disebut pertandingan," ujar Wagub Prijanto di Balaikota DKI Jakarta, Rabu (28/4).

Wagub menyebut tahun ini dana yang dianggarkan pemerintah provinsi DKI sangat besar untuk mendanai sarana dan prasarana pendidikan di DKI sehingga seharusnya prestasi pendidikan semakin membaik namun penurunan angka kelulusan DKI ternyata lebih besar daripada nasional yang berkisar di empat persen.

"Banyak faktor yang perlu diurai terkait ini (kelulusan). Nanti Dinas Pendidikan akan melakukan evaluasi setelah itu pasti akan laporan ke gubernur," katanya.

Sementara itu, Dinas Pendidikan DKI melakukan koordinasi dengan sekolah-sekolah untuk menyukseskan pelaksanaan ujian ulangan bagi siswa yang tidak lulus ujian nasional (UN) pada tanggal 10-14 Mei mendatang.

"Kita sudah koordinasi agar semua sekolah melakukan pendalaman materi. Karena ini peluang besar bagi mereka yang belum berhasil dalam UN," kata Kepala Dinas Pendidikan DKI Taufik Yudi Mulyanto.

Sedangkan untuk persiapan, Taufik mengatakan akan dilakukan sama seperti pelaksanaan UN dimana pengamanan dijaga ketat oleh aparat kepolisian sehingga dijamin tidak akan ada kebocoran.

Pendistribusian soal UN akan dilakukan tiap hari sesuai mata pelajaran yang diujikan. "Pada Tanggal 9 semua soal sudah sampai di masing-masing rayon," katanya.

Jumlah siswa di DKI yang akan mengikuti ujian ulangan adalah mereka yang tidak berhasil dalam ujian nasional yakni sebanyak 5.588 siswa SMA dari total 59.898 siswa dan 5.785 siswa SMK dari 73.968 siswa.

Statistik menunjukkan bahwa tingkat kelulusan di Jakarta tahun ini menurun drastis dengan rincian pada 2009 siswa SMA yang lulus sebanyak 95,8 persen, tahun ini hanya 90,67 persen.

Untuk SMK angka kelulusan juga menurun dimana pada 2009 tingkat kelulusan mencapai 97,65 persen namun tahun ini yang lulus hanya 92,18 persen. (Ant/OL-03)

Sumber : Media Indonesia.com
Rabu, 28 April 2010 19:05 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar