Minggu, 21 Oktober 2012

DATA, SASD, DASD & PEMROSESAN DATA

NAMA : YAYU SRI RACHMAWATI
KELAS : 04PA05
NPM : 14509313


DATA, SASD, DASD & PROSES DATA (BATCH, REALTIME, ONLINE)


Data
Data adalah catatan atas kumpulan fakta. Data merupakan bentuk jamak dari datum, berasal dari bahasa Latin yang berarti “sesuatu yang diberikan”. Dalam penggunaan sehari-hari data berarti suatu pernyataan yang diterima apa adanya. Pernyataan ini adalah hasil pengukuran atau pengamatan suatu variabel yang bentuknya berupa angka, kata-kata, atau citra.
Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa berujut suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupun suatu konsep.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia pengertian data adalah keterangan yang benar dan nyata. Atau keterangan atau bahan nyata yang dapat dijadikan bahan kajian (analisis atau kesimpulan).
Berikut adalah pengertian data dan definisi data menurut beberapa ahli:
WEBSTER NEW WORLD DICTIONARY
Data adalah things known or assumed, yang berarti bahwa data itu sesuatu yang diketahui atau dianggap.
WAHYU SUPRIYANTO & AHMAD MUHSIN
Data merupakan bahan baku informasi, dapat di definisikan sebagai kelompok teratur simbol-simbol yang mewakili kuantitas, fakta, tindakan, benda dan sebagainya.
ZULKIFFI A. M
Data adalah keterangan atau bukti mengenai suatu kenyataan yang masih mentah, masih berdiri sendiri-sendiri, belum diorganisasikan, dan belum diolah.


SLAMET RIYADI
Data adalah kumpulan informasi yang di peroleh dari hasil suatu pengamatan. Data dapat berupa angka, lambang atau sifat.
HAER TALIB
Data adalah sekumpulan fakta dan sebuah fakta adalah kenyataan dan kejadian.
H. J SRIYANTO
Data adalah suatu keterangan atau informasi tentang objek penelitian.
Jenis data menurut cara memperolehnya terbagi menjadi dua, yaitu:
Data Primer
Data Sekunder
Macam-macam data berdasarkan sumber data, ialah:
Data Internal
Data Eksternal
Klasifikasi data berdasarkan jenis datanya, ialah:
Data Kuantitatif
Data Kualitatif
Pembagian jenis data berdasarkan sifat data, ialah:
Data Diskrit
Data kontinyu
Jenis-jenis data menurut waktu pengumpulannya, ialah:
Data Cross Section
Data Time Series/Berkala.

SASD (Sequential Access Storage Device)
SASD atau penyimpanan berurutan (sequential) adalah media penyimpanan untuk mengisikan catatan yang diatur dalam susunan tertentu. Catatan pertama harus diproses pertama kali, catatan kedua diproses pada urutan yang kedua dan seterusnya sampai fila penuh. Dengan kata lain, perangkat simpan ini bekerja dengan cara membaca (atau menulis) data secara urut dari awal sampai akhir, tanpa ada kemungkinan meloncat atau melewati bagian tertentu. SASD memiliki prinsip kerja seperti sebuah kaset lagu, yaitu jika akan merekam atau mendengarkan lagu, maka lagu kedua akan didahului lagu pertama, dan seterusnya. Contoh perangkat ini adalah kaset atau magnetic tape.

DASD (Direct Acces Storage Device)
DASD atau penyimpanan akses langsung adalah suatu cara mengorganisasikan data yang memungkinkan catatan-catatan ditulis dan dibaca tanpa pencarian secara berurutan. Deskripsi tentang DASD bisa juga sebuah disk-drive yang mengkondisikan piringan penyimpanan data selalu dalam keadaan on-line. Contoh dari DASD ialah Magnetic Disk, Floppy Disk, dan Mass Storage.

PEMROSESAN DATA
Pemrosesan data adalah jenis pemrosesan yang dapat mengubah data menjadi infromasi atau pengetahuan. Pemrosesan data ini sering menggunakan computer sehingga bisa berjalan secara otomatis. Setelah diolah, data ini biasanya mempunyai nilai yang otomatif jika dinyatakan dan dikemas secara terorganisir dan rapi.

BATCH PROCESSING
Batch processing adalah suatu model pengolahan data, dengan menghimpun data terlebih dahulu, dan diatur pengelompokkan datanya dalam kelompok-kelompok yang disebut batch. Tiap batch ditandai dengan identitas tertentu, serta informasi mengenai data-data yang terdapat dalam batch tersebut. Setelah data-data tersebut terkumpul dalam jumlah tertentu, data-data tersebut akan langsung diproses. Contoh dari penggunaan batch processing adalah email dan transaksi batch processing.

REAL-TIME PROCESSING
Sistem realtime adalah mekanisme pengontrolan, perekaman data, pemrosesan yang sangat cepat sehingga output yang dihasilkan dapat diterima dalam waktu yang relatif sama. Realtime processing berinteraksi langsung dengan pemakai dan lingkungan yang dipetakan. Kelebihan pemrosesan secara realtime ialah:
Pemrosesan realtime akan sangat menyederhanakan siklus kas perusahaan
Pemrosesan realtime memberikan perusahaan keuntungan persaingan pada pasar
Prosedur manual mempunyai kecenderungan untuk menghasilkan kesalahan kritis, seperti nomor rekening yang salah, nomor persediaan yang tidak valid, dan salah dalam melakukan perhitungan harga
Akhirnya, pemrosesan secara realtime akan mengurangi pemakaian kertas.

ON-LINE PROCESSING
On-Line Transaction Processing (OLTP) adalah sebuah istilah dalam data warehouse, OLTP sendiri adalah suatu kegiatan atau sebuah proses database dalam menyimpan data dalam hal kegiatan operasional transaksi yang dilakukan setiap hari. Dalam kegiatan ini, cara kerja OLTP, operator menginputkan data-data transaksi yang dilakukan setiap hari, kemudai data-data itu disimpan di database. Manafaat dari OLTP ialah: efektif dan efisien waktu karena data transaksi disimpan setiap hari, sehingga tidak ada penumpukkan data yang belum disimpan, serta data sistematis dalam warehouse karena data disimpan setiap tanggal transaksi.

SUMBER :
http://id.wikipedia.org/wiki/Data
http://flashnet.forumotion.com/t43-pengertian-data-dan-informasi
http://internet.artikel2.com/pengertian-data.htm
http://carapedia.com/pengertian_definisi_data_menurut_para_ahli_info505.html
http://organisasi.org/klasifikasi_jenis_dan_macam_data_pembagian_data_dalam_ilmu_eksak_sains_statistik_statistika
http://sempak-dewidewi.blogspot.com/2010/10/sasd-penyimpanan-berurutan-dasd.html
http://missndaa.blogspot.com/2012/10/pengolahan-data-sasd-dan-dasd-dan_6908.html
http://aqwam.staff.jak-stik.ac.id/files/15.-sistem-basis-data.pdf
http://anisyahputri.blogspot.com/2010/11/database.html
http://deskripsi.com/komputer/direct-access-storage-devices-dasd
http://www.itechgraph.com/blog/tag/dasd/
http://id.wikipedia.org/wiki/Pemrosesan_data
http://beritati.blogspot.com/2010/11/batch-processing-and-online-processing.html
http://fauzanrahadi.blogspot.com/2011/11/pengertian-pemrosesan-data-real-time.html
http://hendi107.blogspot.com/2010/12/on-line-transaction-processing-oltp.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar